Breaking News
Home / SELAYANG PANDANG

SELAYANG PANDANG

Sekretaris DPRD adalah jabatan yang strategis dalam organisasi Pemerintah Daerah, dikatakan strategis karena sebagai operator kebijakan Pemerintah Daerah yang melibatkan esekutif dan legislatif. Hal ini tentunya dilihat dari Sekretaris DPRD sebagai pengguna anggaran kegiatan DPRD (PA). Sebagai PA kegiatan DPRD, maka Sekretaris DPRD memegang peran penting dalam gerak langkah dan dinamika proses penetapan kebijakan dilihat dari kapasitas PA yang harus bertanggungjawab sekecil apapun anggaran yang dikeluarkan.

Disini dibutuhkan kapabilitas Sekretaris DPRD yang mumpuni, handal, dan berintegritas sehingga dapat penyelenggaraan Pemerintah Daerah di tengah-tengah hiruk pikuk kepentingan politik. Oleh sebab itu, sangat tepat jika Sekretaris DPRD ditempatkan dalam unsur Pimpinan DPRD.

Sekretaris DPRD sebagai unsur yang harus menyiapkan dan mendampingi proses kebijakan dalam dalam pengambilan keputusan DPRD tentunya juga mengandung peran strategis dan jika dikaitkan dengan posisi sebagai pengguna anggaran kegiatan DPRD tentunya mempunyai nilai tawar kuat dalam proses dan dinamika keputusan politik DPRD.

Jujur saya mengakui bahwa jabatan Sekretaris DPRD jauh berbeda jika dibandingkan jabatan Kepala Dinas, jika Kepala Dinas bisa berekpresi untuk berkarya terhadap sesuatu yang nampak, maka sesungguhnya fungsi dan peran Sekretaris DPRD tidak kalah penting, utamanya peran dalam pengambilan keputusan poltik lokal yang berhubungan dengan kepentingan Pemerintah Daerah dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan melakukan tahapan-tahapan yang tepat waktu.

Ditempatkannya sebagai Sekretaris DPRD Kota Palangka Raya dalam fungsi dan peran sebagai Badan Anggaran DPRD dan Badan Musyawarah DPRD tentunya dilandasi semangat dan ketentuan Perundang-Undangan yang berlaku agar Sekretaris DPRD dapat mengawal tahapan-tahapan keputusan politik lokal yang sarat muatan politik dan kepentingan dalam kepentingan masyarakat. Fungsi dan peran boleh beda, tapi kepuasan kerja ada pada hasil karya.

Selamat bekerja, selamat berkarya untuk Negeri tercinta khususnya Kota Cantik Palangka Raya.