Breaking News
Home / Tak Berkategori / Raperda Jamkesda : Mencakup Kesehatan Semesta

Raperda Jamkesda : Mencakup Kesehatan Semesta

SETWAN PLK, PALANGKA RAYA – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Palangka Raya melanjutkan pembahasan terhadap sejumlah rancangan peraturan daerah (Raperda) kota setempat, daintaranya Raperda soal Jamkesda, bertempat di Ruang Rapat Komisi Setwan Kota Palangka Raya, Senin (7/6/21).

Pembahasan diikuti anggota Bapemperda DPRD Kota Palangka Raya, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinsos, BPKAD, dan Bagian Hukum Setda Kota Palangka Raya.

Ketua Bapemperda DPRD Kota Palangka Raya, Riduanto mengatakan bahwa pentingnya raperda tentang Jamkesda itu, tidak lain untuk menjamin pemberian pelayanan kesehatan yang optimal dalam meningkatkan derajat kesehatan pada masyarakat.

Raperda Jamkesda yang tengah disusun pihaknya kali ini lanjut Riduanto, adalah mencakup kesehatan semesta atau universal health coverage (UHC). UHC menjamin seluruh masyarakat mempunyai akses untuk pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas dan efektif.

Disela-sela kegiatan rapat, legislator PDI Perjuangan ini menjelaskan, dari jumlah 283 ribu penduduk kota Palangka Raya, yang sudah tercover sekitar 239 ribu orang dari berbagai macam jenis jaminan kesehatan, dan 50 ribuan yang belum terangnya.

Kalo perda ini selesai, diharapkan pemerintah kota Palangka Raya harus memaksimalkan penyelenggaraan Jamkesda untuk bisa mengcover sekitar 50 ribu masyarakat yang belum itu.

“untuk 50 ribu orang tersebut Pemerintah Kota Palangka Raya harus menyediakan anggaranya, baik dari APBD Perubahan atau Murni, acuanya lagi UU sudah mensyaratkan biaya kesehatan 10% dari APBD dan APBN,” tutupnya. #Uj