Breaking News
Home / Tak Berkategori / Dewan Pengurus Nasional ASDEKSI 2021-2024

Dewan Pengurus Nasional ASDEKSI 2021-2024

SETWAN PLK, Jakarta – Sekretaris DPRD Kota Palangka Raya, Hj. Siti Masmah, dipercaya menduduki jabatan Bendahara Umum Asdeksi periode 2021-2024 dalam Musyawarah Nasional VII di Jakarta, Sabtu (19/6/21).

Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia atau ASDEKSI d/h Forum Komunikasi dan Konsultasi Sekretaris DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota Seluruh Indonesia atau disingkat FORKOMKON Sekretaris DPRD Seluruh Indonesia adalah suatu organisasi profesi yang Anggota dan Pengurusnya berasal dari Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia. Dan sampai saat ini telah ada 489 Anggota sesuai dengan jumlah Kabupaten/Kota termasuk hasil pemekaran daerah tahun 2008.

Pembentukan ASDEKSI bermula dari kegiatan Workshop Peningkatan Wacana dan Kinerja Sekretaris DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota Seluruh Indonesia pada tanggal 2 – 3 Juli 2001 di Hotel Grand Cempaka – Jakarta. Pada kegiatan tersebut banyak wacana seperti permasalahan yang kerap di hadapi para Sekwan di daerah menjadi bahan diskusi sehingga beberapa Sekwan yang hadir pada saat itu mengusulkan untuk membentuk suatu organisasi yang bisa memediasi atau memfasilitasi permasalahan dan kebutuhan para sekwan.

Dari pertemuan tersebut berhasil melahirkan rekomendasi “Perlu adanya forum komunikasi dan konsultasi, sebagai wadah media tukar menukar informasi Sekretaris DPRD baik di tingkat Nasional maupun regional yang difasilitasi oleh Pemerintah“. Selain itu dengan adanya wadah ini juga diharapkan bisa berfungsi memberikan dukungan dan fasilitas pemberdayaan SEKWAN dalam mensinergikan kebijakan Pemerintah Daerah dan DPRD dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

Siti Masmah satu-satunya pengurus nasional yang berasal dari Kalimantan, yang sebelumnya telah menjadi kandidat Ketua Umum Asdeksi periode 2021-2024.

“ ini sebuah amanah, dan saya bisa belajar banyak lagi di organisasi ini agar bisa lebih baik dan tentunya menambah wawasan saya “, terang Siti Masmah. #Uj